1. Apa itu CSS ?

CSS atau Cascading Stylesheet adalah Suatu bahasa yang di khususkan untuk mengatur gaya layout atau tampilan dari sebuah halaman web. CSS digunakan oleh web designer dan juga pengakses halaman web, untuk mendefinisikan warna, huruf, layout dan aspek-aspek penyajian dokumen lainnya. CSS merupakan pemisah antara isi dokumen yang ditulis dengan bahasa HTML atau bahasa lain seperti PHP, Perl dan lain sebagainya, dengan bentuk tampilan dokumen yang ditulis dalam CSS.

Dengan CSS akses ke halaman Website menjadi lebih cepat dalam hal loading content, lebih fleksibel, memudahkan untuk penulisan halaman dan struktur isi. Dalam Implementasinya, CSS didefinisikan melalui kode-kode style sheet yang dapat disertakan pada file HTML itu sendiri, atau terpisah dari file HTML dengan file yang berekstensi .css, sebagai penanda bahwa file tersebut adalah file CSS. Setelah itu, file CSS dapat direferensi oleh file HTML.

2. Keuntungan Menggunakan Style Sheet

Ada banyak alasan mengapa kita perlu menggunakan style sheet. Alasan pertama, dan yang paling jelas adalah HTML tidak di desain untuk mengatur tata gaya tampilan sebuah halaman web. HTML hanya digunakan sebagai bentuk standar data, atau bahasa yang dikirimkan pada browser untuk menampilkan halaman web. Alasan-alasan lain yang mendukung perlunya menggunakan style sheet adalah :

  • Adanya rekomendasi untuk memisahkan antara isi halaman web, dengan tata pengaturan gaya/ layout halaman web
  • Dapat dengan mudah mengubah tampilan dokumen web secara keseluruhan, hanya dengan mendefinisikan beberapa aturan pada style sheet.
  • Penggunaan yang berbeda, dapat memiliki gaya tampilan yang berbeda.
  • Style sheet dapat digunakan secara berulang-ulang, pada banyak dokumen Web.
  • Halaman web dan situs lebih mudah untuk dipelihara.
  • Style sheet dapat digunakan pada berbagai browser.
  • Dokumen atau halaman web dapat ditampilkan secara cepat pada komputer klien.
  • Style sheet hanya membutuhkan sumber daya komputer klien yang minimal, untuk memproses dan menampilkannya.

Jadi mengapa tidak, untuk mempercantik dengan mudah halaman web kita gunakanlah CSS selain bahasanya tidak rumit juga mudah dipahami bagi pemula.

Link terkait :