Syaithon-syaithon jaman sekarang ini sudah canggih, mereka gak mau ketinggalan dengan apa yang dinamakan kemajuan tekhnologi. Banyak kaki tangan syathon yang hilir mudik, bahkan mendekam di jagad Internet. Ada yang terang-terangan menampakan diri, ada yang menyamarkan diri bahkan ada yang berpura-pura bukan syaithon.

Ketiganya memang sama berbahayanya, tapi yang lebih bahaya lagi syaithon yang menyamarkan diri atau berpura-pura bukan syaithon. Efek merusak dari kedua jenis syaithon ini sangat dahsyat, bahkan kita mungkin tidak akan merasakan bahwa kita sudah di rusak oleh syaithon. Syaithon-syaithon ini selalu berusaha untuk menjauhkan orang-orang yang beriman dari imannya, sesuai dengan namanya syaithon –> dalam bahasa arab syatnun yang artinya bersifat menjauhkan.

Jadi, jika ada manusia bersifat ingin menjauhkan atau memisahkan manusia lainnya dari iman yang dia yakini maka orang ini pantas menyandang gelar syaithon, apapun bentuk dan caranya. Gak ada dalih untuk membenarkan dan pembenaran dari upayanya untuk menjauhkan seseorang dari keimanannya. Jadi bagi orang yang mempunyai sifat demikian jangan tersinggung dan marah jika di sebut Syaithon.

Syaithon berwujud manusia sama dengan syaithon-syaithon kaki tangan IBLIS. Kita kadang sering salah kaprah, menakuti-nakuti diri sendiri dengan wujud-wujud setan rekaan manusia. Kita percaya pada yang Ghaib, tapi jangan hamba syaithon. :-[😦 :-<