Ada beberapa cara untuk mendefinisikan style sheet pada sebuah halaman web, berdasarkan siapa yang mendefinisikan style sheet tersebut. Mendefinisikan disini berarti juga menerapkan yaitu menerapkan penggunaan style sheet.

  • Jika yang mendefinisikan Pembuat Halaman web atau web design, maka style sheet dapat didefinisikan denga cara-cara sebagai berikut :
    1. Cara Eksternal, yaitu pendefinisian style sheet dengan cara terpisah dari halaman web berupa file CSS yang kemudian direferensikan oleh file HTML. Caranya yaitu dengan menuliskan tag HTML untuk memanggil file CSS yang akan didefinisikan tersebut dan letaknya pada bagian header dokumen HTML contoh:<html>
      <head>

      <LINK REL=”Stylesheet” type=”text/css” HREF=”direktori/mystyle.css”>

      </head>

    2. Cara Internal, yaitu ditulis dalam dokumen HTML itu sendiri contoh :<html>
      <head<
      <title>
      …..
      </title>

      <style>
      body {

      color: white;
      background: black;
      font-family: verdana;
      }
      </style>
      </head>

    3. Cara Inline, yaitu di tulis bersama tag HTML  contoh :
      <body style=”color: whtite; background: black; font-family: verdana;”>
  • Jika yang mendefinisikan pengunjung, maka dapat dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada dalam browser itu sendiri.
  • Pengaturan style juga dapat dilakukan oleh masing-masing browser itu sendiri, yang setiap browser itu mempunyai pengaturan yang berbeda.

Demikian cara pendefinisian style sheet dan yang perlu diingat dalam penulisan style sheet sebaiknya ditulis dengan huruf kecil dan selalu diakhiri dengan tanda ‘;’ ( titik koma ).