Terkadang kita ingin menerapkan file multimedia pada stus kita untuk menambah kaya akan konten dalam site kita tersebut. Seperti contohnya Flash, Flash merupakan file multimedia yang bisa di pasang dalam halaman website kita. Ada juga website yang menggunkan Flash Template, flash juga bisa digunakan untuk banner iklan dan lain sebagainya. Dari sekian banyak kegunaan Flash tersebut, terdapat satu kekurangan dari flash yaitu embedding flash pada halaman situs mengakibatkan proses validasi halaman menjadi tidak valid karena konten flash tadi.

Mengapa Demikian ? Mari kita bahas mengapa Flash menghamabt proses validasi dari halaman situs kita.
Tapi sebelumnya kita lihat dulu markup dari konten Flash tadi:

<object
classid=”clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000″ codebase=”http://download.macromedia.com/
pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,0,0″
width=”400″ height=”300″ id=”movie” align=””>
<param neme=”movie” value=”movie.swf” />
<embed src=”movie.swf” quality=”high”
width=”400″ height=”300″ name=”movie”
align=”” type=”application/x-shockwave-flash” plug inspage=”http://www.macromedia.com/go/getflashplayer” />
</object>

Kita lihat contoh diatas, kode markup diatas merupakan kode HTML untuk memasang sebuah file Flash pada halaman situs. Kalo kita perhatikan disitu ada dua tag utama yang nilainya di deklarasikan dua kali. Pada Internet eksplorer ( IE ) hanya menggunakan satu tags.

<object> adalah bagian dari XHTML, tapi disini diimplementasikan sangat buruk. IE menggunakan tags ini untuk memulai bagian dari file Flash yang terpasang. <param> elemen pendukung untuk menentukan file Flash itu sendiri ketika akan dimainkan.

<embed> bukan merupakan bagian spesifikasi dari XHTML, dan inilah yang menghambat proses validasi halaman website kita. Elemen ini biasanya digunakan oleh Browser Netscape dan yang sejenisnya untuk membuka file flash pada halaman website. <Embed> element adalah buatan Netscape sebagai metode mereka dalam memasang Plugin dan player pada halaman web. Elemen ini bukan bagian dari XHTML spesifikasi, dan hanya beberapa browser selain Netscape Mendukung elemen ini.

Demikianlah mengapa ketika kita memasang Flash pada halaman web kita, dan halaman web kita menjadi tidak valid. Bagaimana solusinya..? Ada kupasan tuntas mengenai ini di sini