Ajaib memang! Ini era teknologi super hebat nan heboh. Khususnya teknologi komunikasi. SMS, MMS, sampe video call seperti meruntuhkan apa arti kata ‘jarak’. Ponsel (yang sebelum masa populernya di Indonesia lebih sering disebut ‘telepon genggam’) menjadi “artefak” paling penting bagi makhluk bernama homo sapiens saat ini. Tak heran jika orang rela kembali lagi ke rumah jika ponsel tak terbawa. Bahkan Pak Bondan -yang-sering ngomong- “maknyuss…” itu pernah bilang, “Seperdelapan nyawa saya ada di sini (ponsel)!”.
Indonesia sendiri masih menjadi sebatas ‘pengguna’ saja dalam dunia perponselan ini. Nokia, Siemens, SonyEricson, Samsung, bahkan Huawei pun bukan buatan dalam negeri. Walaupun begitu, jenis ponsel keluaran paling anyar, paling mutakhir, dan paling mahal pun mampu dibeli orang Indonesia!
Tapi bukan berarti orang kita tidak kreatif. Buktinya dengan kejayaan budaya ponsel ini provider jaringan selular begitu berkembang di mana-mana (meskipun yang ini tidak semuanya lokal). Selain itu, lapangan usaha baru pun terbuka lebar, yakni ‘kios pulsa’!
TAPI Indonesia punya kemampuan yang lain daripada negara lain dalam memberdayakan fungsi ponsel ini. Yang saya bisa jamin 99% tidak ada di negara lain.
Mungkin memang hanya ada di Indonesia Mama Lauren berkata di iklan televisi, “Mau tau tentang peruntungan Anda? Ketik REG spasi MAMA LAUREN kirim ke 9887*!”.
Yang ini memang belum terlalu Indonesia.
[ad#adsentra-1]
Tapi mungkin yang ini cuma ada di Indonesia, “Anda pasti belum menikah, tidak punya pekerjaan, hidup Anda tidak jelas… Ketik REG spasi MANJUR kirim ke 9776*!”
Yang satu ini pastinya cuma di Indonesia, “…jika Anda dan pasangan Anda menikah rejeki kalian akan seret, …… untuk mengetahui yang pas bagi kehidupan Anda Ketik REG spasi PRIMBON kirim ke 9676*!”
Ada lagi versinya Ki Joko Bodo: Ketik REG spasi WETON?
Fenomena ini cukup lucu menurut saya. Bagaimana tidak, perangkat teknologi komunikasi yang begitu maju dan merupakan salah satu produk kapitalisme global ini aplikasinya di negara kita tidak jauh-jauh dari hal-hal klenik. Boleh saja pake ponsel terbaru nan mahal tak lupa pula dengan fashion majalah edisi terbaru dan minum kopi di Starbucks, tapi jari-jarinya sedang meloncat-loncat dengan pasti mengetikan: REG spasi PRIMBON di layar ponselnya!
Mungkin fenomena ini serupa dengan gejala yang disebutkan oleh salah satu pemikir posmodernis: “Posmodernisme adalah ketika Anda makan siang di McDonalds, mendengarkan musik reggae, dan makan malam dengan makanan lokal.”
Untuk di Indonesia mungkin kita bisa menggantinya menjadi: “Posmodernisme adalah ketika Anda makan siang di McDonalds, mendengarkan musik reggae sambil asyik mendaftar di layanan SMS premium REG spasi PRIMBON.

* Nomor tujuan SMS di atas ngasal, jadi bagi yang mau daftar jangan diikutin..