Pernahkah anda keracunan “Jengkol”? Mungkin anda tidak akan percaya kalau komputer juga bisa keracunan Jengkol, baik saya jelaskan bagaimana Jengkol bisa meracuni komputer. Tapi sebelumnya saya akan bercerita dulu, bagaimana ihwalnya saya menuliskan artikel ini.

Dimulai dengan pada suatu hari, kebetulan hari libur saya berkunjung ke rumah teman saya, sesampainya disana saya lihat teman saya ini lagi sibuk depan komputer. Entah apa yang sedang dikerjakannya, tapi kelihatannya dia sedang kesal. Lalu saya hampiri dia dan menanyakan kenapa dia ngomel-ngomel sendiri depan komputer, dia bilang kalo komputernya terserang virus dan yang membuat saya tertawa ‘ngakak‘ nama virus itu katanya virus ‘Jengkol’. Setengah tak percaya, saya pun kemudian ikut mengamatinya dan ternyata memang benar dikomputer temen saya itu ternyata ada file bernama JeNGKol.vbs.

Begitu ceritanya, kebetulan pada hari yang sama saya pun membeli tabloid mingguan tentang komputer, kebetulan juga di tabloid itu ada artikel tentang virus JeNGKoL.vbs ini yang aslinya dikenali sebagai W32/Sasan.A, dan sekarang akan saya ulas disini tentang apa yang ditulis dalam artikel tersebut.

Awas Komputer “Bau” Jengkol

Salah satu hasil kreasi yang ada saat ini adalah Virus dengan nama JeNGKoL. Untuk mengelabui User JeNGKoL akan menggunakan icon Extractor yang didalamnya terdapat file VBS dengan ukuran 14 KB dengan nama file JeNGKoL.vbs.

Ciri-ciri Komputer yang terinfeksi

Berikut ciri-ciri jika terinfeksi Virus JeNGKoL :

  • Munculnya file dengan icon JPEG dengan ukuran 14 KB
  • Munculnya nama file JeNGKoL.vb disetiap folder dansub folder dengan ukuran file sekitar 14 KB.
  • Komputer akan logoff jika user menjalankan file yang berekstensi .INF [klik kanan | Install]
  • Komputer akan logoff jika user mengedit file VBS

Sasaran Tembak Virus

Target yang akan diincar oleh JeNGKoL ini adalah file yang mempunyai ekstensi .DOC yakni dengan menyembunyikan file tersebut, selain itu ia juga membuat file Duplikat disetiap folder/subfolder sesuai dengan nama file yang ada di folder/subfolder tersebut.

Duplikat File

Virus ini akan mencoba untuk membuat file duplikat disetiap folder/subfolder sesuai dengan nama file yang ada. Berikut ciri-ciri file duplikat yang akan dibuat oleh JeNGKoL.

  • Icon JPEG
  • Ukuran file 14 kb
  • Type file “JPEG Image”

Selain itu virus ini akan mencoba untuk menyembunyikan file yang berekstensi DOC dengan jenis seperti tersebut diatas. Virus ini juga akan memblokir eksekusi file berekstensi INF dan VBS selain itu dia juga merubah file VBScript menjadi JPEG Image.

Windows File Protection Alert

JeNGKoL juga akan selalu memunculkan pesan “Windows File Protection” setiap saat seolah-olah windows error atau terdapat file system winows yang dihapus, sehingga user mengira bahwa komputer mengalami kerusakkan.

Media Penyebaran

Virus ini menyebar melalui flashdisk/ disket.

Jadi jika komputer anda terdapat ciri-ciri yang sama seperti diatas, maka udah dipastikan Komputer anda keracunan “JeNGKoL”.

Sumber : Tabloid Mingguan Komputek Edisi 601 Minggu ke-3 Desember 2008