Masih seputar JeNGKoL, seyogyanya kalau orang habis makan “Jengkol” tersebar aroma yang tidak sedap dan berusaha untuk menghilangkannya secara tuntas supaya baunya hilang. Nah begitu pula jika komputer anda tercemar oleh “Bau” JeNGKoL yang tak  sedap sudah seharusnya komputer anda di “Cuci” bersih dari aroma JeNGKoL yang satu ini. Bagaimana caranya..? Simak tips menghilangkan Bau “Jengkol” dikomputer anda.

Cara Membersihkan JeNGKoL :

Untuk membasmi virus JeNGKol atau W32/Sasan.A ada beberapa hal yang harus anda lakukan supaya virus ini tidak lagi bercokol dikomputer anda, diantaranya :

  1. Putuskan komputer yang akan dibersihkan dari Jaringan ( LAN ), ini sebagai langkah preventif untuk mencegah masuknya kembali virus dari komputer lain yang terhubung pada jaringan tersebut.
  2. Untuk sementara, selama proses bersih-bersih nonaktifkan dulu system restore karena kalau tidak, upaya kita untuk membersihkan secara tuntas akan sia-sia karena jika kita merestore system virus itu akan kembali lagi. Caranya yaitu klik kanan icon MyComputer pada desktop –>propertis–>system restore tab beri tanda pada kotak yang disampingnya ada tulisan “Turn off  System Restore on all Drive lalu klik apply–>ok untuk menutup windows.
  3. Matikan process yang dijalankan oleh virus. Caranya anda bisa menggunakan tool pengganti task manager yang mungkin sudah diblok oleh virus. Anda bisa mendownload tool tersebut di alamat http://download.sysinternals.com/Files/ProcessExplorer.zip, setelah didownload ekstrak lalu jalankan, cari proses yang dijalankan oleh virus dengan ciri VBScript.exe.
  4. Setelah mematikan process, bersihkan registry. Untuk membersihkan registry yang dibuat oleh virus anda bisa lakukan dengan cara manual atau dengan sebuah tool yang bisa anda download disini, setelah didownload, ekstrak lalu jalankan ( double klik ). Dengan tool ini anda tidak akan pusing mencari registry yang telah dibuat oleh virus tersebut.
  5. Tunggu sampai process pembersihan selesai, lalu jangan lupa hapus semua file yang telah dibuat oleh virus dengan ciri yang paling dominan yaitu ukuran file yang seragam yaitu 14 KB dan ciri lainnya lihat di artikel “Komputer Keracunan Jengkol”

Sebagai tambahan untuk mempermudah anda untu mencari file virus, gunakan fungsi search windows. Mungkin fungsi search belum aktif setelah proses pembersihan registry, jangan panik silahkan logoff lalu logon kembali. Aktifkan juga untuk menampilkan hidden file pada folder option( tool–>folder option).

Optimalisasi pencaraian dengan memberikan parameter *.vbs specify size in KB) setelah ketemu jangan bimbang dan ragu hapus semua file yang mempunyai karakteristik seperti viru tersebut. Selesai, komputer anda sekarang terbebas dari “bau” JeNGKoL. Tapi jangan lupa pasang antivirus yang mumpuni dan rajin-rajin update, siapa tahu nanti muncul virus “Petai” wak…;-)