Lanjutan dari artikel “Hemat Energi Dengan Power Plan”

Ketika mengakses Power Options di Control Panel, anda akan melihat halaman Power Options, seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah (perlu diingat bahwa ada sedikit perbedaan pada halaman Power Options, tergantung apakah Windows 7 terpasang pada laptop atau dikomputer desktop/PC). Ada tiga power plans yang bisa dipilih.

Poplan

Seperti yang anda lihat, masing-masing dari tiga Power Plans memeberikan deskripsi singkat tentang penghematan daya dan kinerja masing-masing.

Yang pertama adalah Balance, yang dipilih secara default dan dirancanguntuk menawarkan kinerja penuh saat anda membutuhkannya, dan menghemat daya selama periode tidak aktif.

Kedua Power Saver akan menghemat daya dengan mengurangi kinerja sistem dan dirancang untuk membantu pengguna laptop, supaya dapat menggunakan baterai secara maksimal.

Terakhir, yang secara default tersembunyi dan berada pada bagian lain adalah High Performance, yang dirancang untuk memaksimalkan kinerja dan respons sistem, tapi hampir tidak melakukan apapun untuk menghemat daya. Dengan demikian, ketika menjalankan laptop dengan baterai, anda mungkin akan mengabaikan power plans ini.

Untuk mengubah settingan Power Plans kita akan bahas pada postingan berikutnya.