Lanjutan artikel “Hemat Enargy Dengan Power Plan”

Disamping setiap power plan, anda akan melihat link Change plan settings (lihat “Power Plans” ). Link ini akan membawa kita ke halaman Edit Plan Settings, seperti yang ditunjukan dalam gambar dibawah. Disitu terdapat dua kategori : On Battery dan Plugged in, dimana anda dapat mengubah pengaturan pada keduanya.

poplanSet

Untuk menghemat jumlah daya yang dipergunakan oleh layar laptop, anda dapat mengatur waktu idle yang harus berlalu sebelum layar diredupkan (pindah ke modus hemat energi), dan sebelum layar akhirnya dimatikan. Selagi kita membicarakan layar, perlu dicatat bahwa anda juga dapat mengatur jumlah daya yang dikonsumsi oleh layar dengan mengatur setting tingkat kecerahan. Tentu anda juga dapat mengatur jumlah waktu idle yang harus berlalu, sebelum komputer dimasukkan  ke modus “tidur”.

advcPPset

Jika ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, anda dapat mengklik link Change Advanced power settings, yang yang menampilkan kotak dialog Power Options dengan tab Advanced settings, seperti yang di tunjukkan pada gambar di samping. Seperti yang adapat anda lihat, disamping pengaturan daya yang lebih umum, ada sejumlah fitur dan perangkat yang konsumsi dayanya dapat diatur, seperti background desktop, adapter wireless dan perangkat USB. Sebagai contoh, anda dapat mengatur bagaimana sebuah adapter wireless mengkonsumsi daya dengan memilih performa maksimum, atau rendah, sedang, atau penghematan daya maksimum, silahkan atur sesuai selera anda dan yang perlu diingat adalah penghematan sumberdaya.

Selanjutnya adalah bagaimana Menggunakan Utility Powercfg, tapi sabar untuk masalah itu akan dibahas pada posting selanjutnya.