Jika PC anda kebetulan adalah laptop, maka jumlah daya yang dikonsumsi memiliki hubungan langsung dengan baterai. Meminimalkan konsumsi baterai akan memaksimalkan masa pakai baterai. Tapi, bagaimana anda tahu berapa banyak daya yang dikonsumsi oleh PC anda ? Bagaimana anda memecahkan masalah kekurangan daya ? Yah.., dengan Windows 7 anda dapat menggunakan suatu applet kecil yang terintegrasi yang disebut Power Cofiguration Utility. Bila dijalankan dengan parameter perintah yang tepat, applet ini akan membuat laporan rincian penggunaan daya pada komputer pribadi anda.

cmd

Untuk membuat laporan penggunaan daya, anda perlu mengetikkan instruksi khusus melalui command line dngan hak administrator. Caranya yaitu, klik tombol Start Menu dan pada kotak pencarian ketik cmd .

Dari hasil pencarian, aplikasi pertama yang muncul seharusnya adalah file executable command line. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut. Dari menu yang muncul, lalu pilih Run as administrator untuk menjalankan program dengan hak akses sebagai administrator, seperti yang terlihat pada gambar di samping.

Setelah program tersebut berjalan, maka pada jendela command prompt tersebut ketik perintah powercfg –energy, lalu tekan enter. Setelah eksekusi dijalankan, maka sekitar 60 detik waktu yang dibutuhkan untuk melakukan test dan membuat laporan dalam bentuk file html yang disimpan pada dirktori C:\Windows\system32\ dengan nama energy-report.html. Lihat gambar dibawah untuk detail proses yang dilakukan oleh komputer.

powercfg

Demikian Selamat mencoba, Semoga sukses.